FASILITAS
  • LAB KOMPUTER

    Lab komputer berukuran 8 x 7 meter ini  memiliki fasilitas sebagai berikut: - 32 set komputer untuk siswa – 1 set komputer untuk guru - AC 2 buah. Koneksi  jaringan yang ada di sini yaitu Speedy. Semua komputer telah terkoneksi dengan internet secara langsung maupun melalui Wifi, dengan tujuan agar saat proses pembelajaran yang membutuhkan internet baik guru maupun siswa dapat langsung mengakses. Selain menunjang pendidikan, juga menambah wawasan siswa, misalnya mencari tambahan materi untuk menambah referensi selain dari buku teks.

     

    UKS

    Ruang UKS disediakan sekolah untuk siswa yang sakit saat kegiatan belajar berlangsung untuk beristirahat di UKS ini. Terdapat 2 lokasi yaitu UKS Pa dan UKS PI secara terpisah. Masing-masing UKS ada 2 set tempat tidur, obat- obatan, meja dan kursi. Saat ada kegiatan upacara UKS ini juga digunakan untuk menampung peserta upacara yang sakit. Bukan bermaksud untuk memanjakan siswa, tapi ini adalah perhatian yang lebih dari sekolah.

     

    LAB IPA

    Lab IPA berukuran 8 x 7 m memiliki fasilitas praktik yang dibutuhkan siswa seperti, mikroskop, carta- carta, bahan kimia, gambar yang di butuhkan dalam kegiatan pembelajaran, tengkorak, bahan kimia, tarso, LCD, kipas angin. Di ruang ini juga terdapat ruang persiapan bagi guru pengajar sebelum memulai pembelajaran. Gudang tempat menyimpan alat – alat praktikum. Seting ruangannya dibuat berkelompok, karena hampir setiap praktikum dilakukan berkelompok tidak individual seperti kegiatan pembelajaran di kelas. Praktik Biologi dan Fisika menjadi satu sehingga jadwal praktik menyesuaikan jadwal penggunaan. Fasilitas pembelajaran seperti, kit listrik, kit mekanik, dan kit lainnya, carta mesin roket, carta arah angin, carta unsur kimia, neraca dan alat praktik lainnya yang dibutuhkan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

     

    PERPUSTAKAAN

    Ruang perpustakaan berukuran 8 x 7 meter. Memiliki koleksi buku fiksi maupun non fiksi yang dapat dibaca bahkan dipinjam oleh siswa banyak disediakan oleh perpustakaan SMP Pius Bakti Utama Kebumen. Selain buku itu, perpustakaan dapat menyediakan buku - buku pelajaran yang di pinjamkan ke siswa saat dalam kegiatan pembelajaran. Terdapat meja dan kursi yang nyaman untuk membaca buku bagi pengunjung.

     

    LAPANGAN BASKET

    Lapangan basket berada di tengah-tengah lokasi sekolah. Lapangan basket berfungsi sebagai sarana bagi para siswa untuk berlatih basket, dan turnamen - turnamen basket di wilayah Kebumen. Biasanya lapangan basket ini di manfaatkan oleh siswa setelah jam pelajaran usai, baik dengan rekan satu tim atau dengan  sekolah lain, ataupun alumni, sehingga dapat meningkatkan prestasi non akademik  khususnya tim basket SMP Pius Bakti Utama Kebumen selain itu juga dapat mempererat persahabatan antar sekolah maupun alumni.

     

     

    LAB BAHASA

    Lab bahasa berukuran 8 x 7 meter. Lab bahasa memiliki fasilitas seperti, headset 20 buah, kipas angin, dan perangkat audio. Dalam ruang ini di buat bilik - bilik dengan jumlah 20 buah, dan setiap siswa mendapatkan 1 bilik dalam kegiatan praktik pembelajaran agar siswa dapat lebih berkonsentrasi terutama pada saat Listening. Di dalam lab bahasa ini juga sudah disediakan media pembelajaran seperti CD/ kaset pembelajaran, buku - buku penunjang untuk memperlancar kegiatan belajar siswa, baik dalam teori maupun praktik, khususnya dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris (speaking).

     

    RUANG OSIS DAN PRAMUKA

    Ruang kerja bagi pengurus OSIS  dan pramuka  berukuran 3 x 4 meter. Arsip- arsip tentang OSIS dan Pramuka yang berhubungan dengan kegiatan siswa disimpan di sini. Terdapat 2 set meja kursi untuk rapat, 1 lemari arsip OSIS, 1 lemari arsip Pramuka, bendera OSIS, bendera Merah Putih, bendera Pramuka, dan bendera cikal.  Di ruang ini juga terdapat papan struktur organisasi OSIS Pius Bakti Utama  Kebumen dan struktur organisasi Pramuka. Biasa digunakan untuk rapat para pengurus OSIS dan Dewan Kerja Pramuka. Di ruang inilah para siswa berlatih berorganisasi. Dari mulai proses perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan ke sekolah. Diharapkan dengan adanya ruang ini para pengurus OSIS dan Pramuka dapat memanfaatkannya secara maksimal dalam melaksanakan tugas dimasa kepengurusannya.