SEJARAH

  • Setelah para pendahulu, suster - suster Amalkasih Darah Mulia mendapat limpahan Sekolah Dasar Bakti Mulia tergeraklah hati Sr. Philothea, ADM dan Sr. Romana, ADM untuk mendirikan Taman Kanak - kanak. Karena beliau - berliau ini memang menguasai ke - TK -an dan ingin mengembangkan anak - anak sebelum memasuki jenjang SD. Maka pada tanggal 1 Agustus 1952 dibukalah Taman Kanak - kanak Pius Bakti Utama Gombong. Pioner - pioner TK Pius Bakti Utama :

    • Sr. Philothea, ADM
    • Sr. Romana, ADM
    • Sr. Christine, ADM
    • Sr. Vincentia, ADM
    • Nn. Lie Pik Tjia
    Dari tahun ke tahun perkembangan TK Pius Bakti Utama Gombong semakin baik. Perjalanan guru - guru dalam mengembangkan TK Pius Gombong setelah ditinggalkan Sr. Philothea, ADM yang kembali ke Eropa pada tahun 1953 dan Sr. Romana, ADM yang dipanggil Tuhan pada tanggal 27 November 1983.

    Beliau - beliau adalah :
    1. Ibu Endang Yus.
    2. Ibu Mugiono
    3. Ibu Paulina Rini Widayati
    4. Ibu L. Siti Purnami 
    5. Ibu C. Sukiswantinah
    6. Ibu Ig. Waningsih
    7. Ibu Lea Riri
    8. Ibu Fransiska Roswandari Palapawati (yang memenuhi panggilan menjadi suster dan bergabung di kongregasi ADM)
    9. Sr. Marietta, ADM
    10. Sr. Pauline, ADM
    11. Sr. Bonifasia, ADM
    12. Sr. Monika, ADM
    13. Sr. Regina, ADM
    14. Bp. Karyo Utama
    15. Bp. Tukimin
    Kegiatan - kegiatan yang dilakukan lebih lanjut oleh para pioner untuk mengembangkan TK Pius selanjutnya sering diadakan, tentostelling (Bazar) dan kegiatan ini menumbuhkan kontak dengan masyarakat sehingga terbukalah peluang mengembangkan TK Pius.

    Perjalanan sekolah/ kelas - kelas yang ada. Pertama ?: sekolah / kegiatan mengajar bertempat di serambi belakang susteran. Karena kebaikan hati pastor paroki (Rm. Veeger, MSC) TK menempati rumah kosong samping pastoran. 

    Tahun 1974,  TK pindah gedung ke gedung SMP yang terletak di samping susteran (glugu cawang). Karena jumlah murid lebih banyak TK bergabung ke SD Pius. dari SD Pius menempati gedung di samping suster. Karena perluasan tempat tinggal suster ADM, TK Pius kembali dipindahkan ke gedung baru, menempati  tempat yang lama yaitu samping pastoran sampai saat ini.

    Gedung baru memiliki :
    1 Ruang Kepala Sekolah, 1 Ruang Tamu, 1 Ruang Guru, 3 Ruang Kelas, 1 Ruang Audio / Ruang serba guna, 1 Ruang dapur, 1 gudang, Aula, 3 Kamar mandi anak putri, 1 kamar mandi anak putera, 1 kamar mandi guru, 1 kamar mandi Kepala Sekolah, Kolam renang, area halaman yang dilengkapi dengan alat permainan (tangga pelangi, mangkok putar, bola dunia, ayunan, luncuran, tiang gelantungan, mandi bola, jungkitan, tali rintangan, bak pasir, terowongan, kuda-kudaan, perahu jungkit, panggung boneka).
    Dilengkapi juga dengan alat peraga buatan guru dan buatan pabrik.

    Tenaga pendidk dan tenaga kependidikan :
    1. Sr. Theresia Suharti, ADM ( Th 2010 - sekarang)
    2. Y. Sri Suhardanti ( Th 1984 - sekarang)
    3. C. Rini Triharsiwi, S.Pd ( Th 2002 - sekarang)
    4. C. Noor Utami ( Th 2010 - sekarang)
    5. Anna Roswita Peruminingsih ( Th 2010 - sekarang)
    6. Karsito ( Th 2010 - sekarang)
    7. Ariyanie Setyawan Putrie ( Th 2012 - sekarang)
    8. Sr. Ignatia, ADM ( Th 2015 - sekarang)
    9. Sr. Emyrensiana, ADM { 2016 -6 bulan ]
    10.Herryberta Widhi ( 2016 - sekarang )
    11.Sr. Cristhophora, ADM ( 2016 - sekarang )