SEJARAH
  • SD Pius Bakti Utama Kutoarjo, didirikan pada tanggal 1 Agustus 1947 dengan nama Sekolah Dasar Canisius  Kutoarjo.  Sekolah ini didirikan oleh para Suster Kongregasi Suster-Suster Amalkasih  Darah Mulia ( Zusters van Het Kostbaar Bloed), merupakan karya sosial di bidang pendidikan.

    Pada tahun 1950  SD Canisius  bergabung  dengan  sekolah-sekolah lain dalam lingkup karya kegerejaan Keuskupan Purwokerto  di  bawah naungan Yayasan Pius yang berpusat di Purworejo.  Dalam penggabungan ini, Nama Sekolah Dasar Canisius Kutoarjo berubah menjadi SD Pius Kutoarjo.

    Pada tanggal 8 Desember 1959, Yayasan Zusters van Het Kostbaar Bloed di Kutoarjo  berganti  nama Indonesia  dengan Nama Yayasan Bakti Utama  Kutoarjo.  Maka SD Pius Kutoarjo berubah nama menjadi SD Pius Bakti Utama Kutoarjo.

    Pada tanggal 1 Agustus 1949 perkembangan sekolah ini sudah mencapai Kelas I  sampai dengan Kelas  IV.  Sekaligus menampung kelas V dan VI.  Dengan jumlah muris 180 anak.  Dari tahun ke tahun jumlah siswa semakin bertambah, dengan tingkat kelulusan 85 sampai dengan 99%.

    SD Pius Kutoarjo mulai memberikan Surat  Tanda Tamat Sekolah Dasar  kelas VI pada akhir tahun ajaran 1954 / 1955. Mulai tahun 1972. jumlah siswa semakin  menurun karena adanya kebijakan dari pemerintah yang menghapus Ujian Negara diganti dengan Ujian Sekolah atau EBTA.  Dan berdirinya SD-SD  Inpres.

    Meskipun jumlah siswa menurun bukan berarti kualitas akademik  dan non akademik sekolah menurun . Yayasan Pius Bakti Utama  tetap  mengupayakan  dan memperhatikan kualitas pendidikan  dan profesionalitas dan kesejahteraan  guru/ karyawan dengan berbagai macam kegiatan di sekolah maupun di luar sekolah, antara  lain: seminar dan pelatihan-pelatihan. Sampai saat  ini, Sekolah Dasar Pius Bakti Utama Kutoarjao masih tetap diminati , terbukti   minat masyarakat  yang tetap memberi   kepercayaan pendidikan putra-putri mereka di Sekolah Pius Bakti Utama Kutoarjo.