SEJARAH
  • 1.     Alasan didirikan

    Setelah perang kemerdekaan selesai hingga pengakuan kedaulatan RI oleh Belanda kepada Indonesia pada tahun 1949, penduduk kota Kebumen kembali ke kota dari pengungsian serta membenahi kehidupan seperti sedia kala termasuk beberapa keluarga Katolik yang jumlahnya masih sangat sedikit pada waktu itu. Tahun 1953 belum ada sekolah Katolik di Kebumen. Bagi keluarga Tan Hong Pik yang istrinya sudah katolik namun suaminya belum, merasa butuh menyekolahkan anak-anaknya di sekolah yang sesuai dengan imannya. Yang ada ialah SD Negeri atau SD Kristen Masehi. Meskipun Bapak Tan Hong Pik belum Katolik ( sekarang bernama Petrus Hartanto) , tergugah hatinya untuk mengusulkan kepada Romo K.Y. Veeger dari Purwokerto agar mendirikan Taman Kanak-Kanak Katolik di kota Kebumen. Romo menyetujui dan didirikanlah Taman Kanak-Kanak pada tahun 1953. Tempatnya dikompleks Hotel Murni, jalan Pemuda Kebumen dengan menyewa. 

    2.     Pendiri Sekolah

    Jadi pendiri sekolah dapat dikatakan Romo K.Y. Veeger atas nama Yayasan Bhakti Mulia yang       berpusat di Purwokerto.

    3.     Nama-nama pendukung

    Nama-nama pendukung berdirinya ialah:

    a.     Bapak Petrus Hartanto (Tan Hong Pik)

    b.    Ny. Anastasia Liem : inilah orang yang ditunjuk menjadi guru pertama TK Bhakti Mulia .

    c.     Bapak Ong An Kok

    4.     Tanggal Berdirinya

    Setelah TK berdiri tahun 1953, lalu pada tahun berikutnya yaitu tahun 1954  didirikan SD Bhakti Mulia. Lokasi sekolah TK dipindahkan ke sebelah barat beserta SDnya yang waktu itu dibangun 2 lokal untuk TK dan SD. Tanah dibeli oleh Yayasan. Dalam hal penyiapan tanah dan peralatan/mebel dibantu oleh alm. Nyonya Talai Ku Lay dari Karanganyar.

    Tepatnya tanggal berdirinya SD Bhakti Mulia tidak ada yang mengingat serta data selain perkiraan yaitu tanggal 1 Agustus 1954. Pembuatan lokal/ruang kelas yakni tiap tahun 2 lokal.  

    5.     Status Sekolah

    Setelah SD berdiri pada tahun 1954, statusnya swasta dibawah Yayasan Bhakti Mulia yang berpusat di Purwokerto. Bapak Petrus Hartanto yang mengurusi keuangan hingga tahun 1968.

    Pada tahun 1963 Bupati Kebumen telah menyetujui SD Bhakti Mulia Kebumen untuk disubsidi,    Namun gagal dalam pemprosesan ke Provinsi karena sebab yang tidak kami ketahui.

    Tahun 1974 SD Bhakti Mulia Kebumen mendapatkan status berbantuan. Sknya tidak ditemukan namun tahun itu ganti setempel menjadi SD Bhakti Mulia berbantuan.

    Tanggal 15 Juni 1981 secara resmi SD Bhakti Mulia Kebumen dioper ke Yayasan Pius menjadi SD Pius Bakti Utama.?